Isnin, 14 Julai 2014

Jaga Kondisi Tubuh Tetap Produktif Selama Puasa

Ramadan kadang tetap membuat pria melewati berbagai kegiatan padat sepanjang hari, mulai dari kuliah, kegiatan organisasi, hingga olahraga. Kondisi puasa seringnya membuat tubuh terasa lemas dan lelah di siang hari yang membuat kamu malas melakukan aktivitas. Gimana sih biar tetap produktif selama bulan suci ini? Beberapa informasi ini wajib kamu coba, Temans.
Perhatikan Pola Makan
Menjaga konsumsi makanan saat sahur dan berbuka merupakan salah satu langkah efektif agar kamu tetap produktif selama puasa. Tubuh yang lemas seringnya diakibatkan nutrisi tubuh yang nggak terpenuhi dengan baik, misalnya mengonsumsi makanan cepat saji atau kurang asupan karbohidrat. Perlu diperhatikan bahwa jenis makanan yang kamu konsumsi harus seimbang, karena tubuh tidak hanya membutuhkan 1 jenis zat saja untuk membangun energi. Perbanyak konsumsi makanan berserat karena dapat membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama.
Hindari Dehidrasi
Menghilangkan dahaga saat puasa seringnya dilakukan dengan cara mengonsumsi berbagai es yang terlihat menarik perhatian. Ini yang membuat kamu lupa atau kurang mengonsumsi air putih. Kekurangan zat ini dapat menimbulkan dehidrasi yang salah satu tandanya adalah rasa lapar yang muncul tiba-tiba dan tubuh yang terasa lemas. Hindari hal ini dengan cara memperhatikan konsumsi air putih sehari-hari. Pastikan asupannya terpenuhi 8 gelas sehari agar kamu tetap produktif menjalani kegiatan selama puasa.
Istirahat Yang Cukup
Salah satu hal yang menyebabkan kamu merasa lemas saat puasa adalah istirahat yang kurang. Minimnya waktu tidur membuat tubuh mudah lelah dan mengantuk di siang hari. Kondisi ini pasti tidak nyaman, terlebih jika kamu punya jadwal kuliah yang padat di waktu tersebut. Mendapatkan tidur 6-8 jam setiap malamnya merupakan waktu ideal untuk memperbarui sel di dalam tubuh dan memberi energi yang diperlukan. Jika kamu merasa lelah di siang hari, cobalah untuk beristirahat sejenak. Tidur siang selama 10 menit dapat membantu memulihkan kembali stamina tubuh.
Tetap produktif selama puasa bisa dilakukan kok jika kamu tahu cara melakukan manajemen diri saat puasa. Pastikan kondisimu tetap fit hingga akhir bulan Ramadan nanti, Temans! (kpl/sta/mus/wri)
  Hak Cipta: KapanLagi Network

Load comments