Isnin, 27 Oktober 2014

DOWNLOAD MAKALAH KETERKAITAN IPA-FISIKA DALAM TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT


Peradaban manusia selalu tumbuh dan berkembang, sedangkan suatu bangsa mempengaruhi peradaban bangsa lain. Tidak ada suatu bangsa yang peradabannya dari dirinya sendiri. Setiap bangsa saling mempengaruhi memperkaya kebudayaan masing-masing. Bangsa yang terisolasi dengan bangsa-bangsa lain, dimana suatu kebudayaan bangsa itu berkembangnya lambat.
IPA Fisika dan Teknologi mempunyai peranan yang penting dalam kemajuan peradaban suatu bangsa. Dalam kegiatan Belajar dan Pembelajaran 2 ini akan membahas keterkaitan IPA Fisika dalam Teknologi dan peranannya terhadap Masyarakat agar kita dapat mengetahui dan mengenal pengaruh timbal balik antara IPA-Fisika dan Teknologi serta pengaruhnya terhadap masyarakat.
Pengaruh IPA-Fisika dan Teknologi terhadap kemajuan peradaban masyarakat dalam suatu bangsa, menurut Alfin Toffler dalam bukunya “The Future Shock” membagi sejarah perkembangan peradaban masyarakat dalam suatu bangsa dibagi kedalam 3 gelombang yaitu: Gelombang Agraria, Gelombang Industri, dan Gelombang Informasi. Gelombang Agraria ditandai dengan majunya sektor pertanian untuk menunjang perekonomian suatu bangsa. Gelombang peradaban ini berlangsung pada tahun 1700. Gelombang Industri ditandai dengan banyaknya industri konversi energi seperti, batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Gelombang peradaban ini bermula pada abad ke-18 sampai pada tahun 1970. Sedangkan untuk Gelombang informasi yang merupakan gelombang peradaban yang ketiga, dimana gelombang peradaban ini dimulai sejak tahun 1970 sampai sekarang. Gelombang peradaban ini ditandai dengan ciri-cirinya dimana dalam bidang informasi telekomunikasi telah menggunakan teknologi super canggih seperti komputer misalnya. Selain itu ada juga teknologi luar angkasa, bioteknologi serta rekayasa genetika.

DOWNLOAD MAKALAHNYA DI SINI

Load comments