Rabu, 3 April 2019

Linda Ikeji, Blogger Berpenghasilan Miliaran Rupiah per Bulan dari Blog


Menjadi seorang blogger memang sesuatu yang menyenangkan. Bayangkan, dengan hanya menghadap laptop dari kamar dan menulis hal-hal yang kita sukai, kita bisa menghasilkan uang dari tulisan tersebut. Banyak sekali kisah sukses pelaku bisnis online dengan menekuni profesi menjadi seorang blogger profesional.

Mungkin teman-teman blogger sudah banyak yang tahu nama yang satu ini. Linda Ikeji, pemilik blog Lindaikeji.blogspot.com (www.lindaikejisblog.com). Blogger wanita asal Nigeria ini memiliki penghasilan yang sangat fantastis walaupun hanya menggunakan platform blogging gratisan milik Google, yaitu Blogger.com.

Berdasarkan informasi yang saya temukan dari beberapa situs luar, penghasilan Linda Ikeji dari blognya pada tahun 2013 lalu mencapai USD$65.000 per bulan, atau bila dikonversi ke rupiah sekitar Rp 800 juta per bulan. Kemungkinan besar penghasilannya akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya popularitas dan trafik blognya. Menurut perkiraan saya, saat ini penghasilan blogger asal Nigeria tersebut bisa mencapai Rp 1 milliar lebih per bulan dari blognya tersebut.

Selain hanya dengan menggunakan blog gratisan, tampilan blog Linda Ikeji pun sangat jauh dari kata bagus. Desain theme blognya sangat sederhana dan apa adanya, serta tidak ada teknik SEO sama sekali untuk mendapatkan trafik. Lalu sebenarnya apa yang membuat blog tersebut bisa memiliki trafik besar dan menghasilkan uang yang melimpah sehingga membuat pemiliknya menjadi salah satu blogger berpenghasilan tertingi di dunia? Simak cerita singkatnya berikut ini.

Artikel lain: 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Sekilas Tentang Linda Ikeji

Pada awalnya, Linda Ikeji bukanlah siapa-siapa, ia hanyalah seorang model dan jurnalis biasa. Profesi ini ia tekuni selama delapan tahun sebelum akhirnya ia terjun ke dunia blogging. Selain seorang model, Linda Ikeji di Afrika dikenal sebagai seorang aktifis yang rajin mendampingi berbagai jenis macam kasus kesenjangan sosial. Beberapa kasus diantaranya yang pernah ia dampingi adalah kasus pembunuhan yang tidak kunjung selesai, ada juga kasus salah tangkap dengan tuduhan pencurian.

Linda Ikeji memang seorang wanita dengan perhatian di dunia sosial yang tinggi terutama di negaranya sendiri, Nigeria. Bahkan pada tahun 2014 lalu, ia menyumbangkan sejumlah uang yang digunakan untuk kepentingan penanganan penyakit Ebola yang merebak di Afrika. Sebagai seorang aktifis, ia juga sering mendapatkan penghargaan.

Diantaranya ia pernah meraih penghargaan untuk kategori Young Personality of the Year pada tahun 2012. Kemudian pada tahuun 2014 ia juga memperoleh dua penghargaan Outstanding Blogger of The Year dan Best Gossip & Gist Blog at the Media Broad Awards terkait aktifitasnya di dunia blogging.

Mulai Aktif Menulis Di Blog

Lalu kapan sebenarnya Linda Ikeji mulai terjun ke dunia blogging? Menurut beberapa sumber ia mulai aktif menulis pada tahun 2003. Dengan modal pengetahuan blog yang sangat minim, setiap hari ia rajin mengisi blog yang dibuat dengan platform gratisan tersebut tanpa mendapatkan uang sama sekali. Hanya berbekal laptop dan modem, Linda Ikeji mulai menulis untuk blognya yang ia beri nama sesuai dengan namanya sendiri tersebut.

Bagi sebagian besar blogger, menjalani aktifitas ngeblog tiap malam tanpa menghasilkan uang adalah sesuatu yang sangat berat. Namun tidak untuk Linda Ikeji, bahkan sejak mulai ngeblog tahun 2003 sampai dengan 2007, ia sama sekali belum mendapatkan bayaran dari blog yang ia kelola. Namun hal itu tidak membuatnya menyerah begitu saja, bahkan pada tahun 2007 ia mulai meningkatkan frekuensi postingnya. Ia memposting konten setiap hari mencapai 25 artikel, sungguh sangat luar biasa.

Namun seiring berjalannya waktu, blog yang ia bangun dengan ilmu yang seadanya itu mulai menampakkan pengunjung yang signifikan. Lalu pada Agustus 2010 blog sederhana tersebut sudah mulai menghasilkan yang berasal dari beberapa pengiklan. Seseorang mengiriminya email yang berisi tawaran memasang iklan di blognya tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

Sebenarnya, Berapa Penghasilan Linda Ikeji?

Sebenarnya tidak ada berita yang pasti mengenai penghasilan Linda Ikeji dari blognya tersebut. Namun beberapa ahli dari Amerika Serikat pernah memperkirakan seberapa besar penghasilan Linda Ikeji berdasarkan pada peringkat Alexa blognya. Berdasarkan perkiraan itu disebutkan bahwa Linda Ikeji bisa mengantongi lebih dari USD$100.000 per bulan. Itu berarti jika dirupiahkan Linda bisa mendapatkan kurang lebih 1,2 Miliar rupiah tiap bulan dari blognya. Itu hanya perkiraan saja, sangat mungkin penghasilan Linda lebih besar. Penghasilan yang sangat fantastis untuk blog gratisan.

Sumber penghasilan tersebut berasal dari beberapa iklan di blognya, termasuk iklan dari Google Adsense. Penghasilan sebegitu besar itu tidak hanya dari Google Adsense saja, ada banyak pengiklan lokal yang ingin memasang banner di blog Linda Ikeji.

Perjalanannya dalam dunia blogging bukan tanpa tantangan. Salah satu masalah yang dia alami selama menjadi blogger adalah saat akun Google Adsense miliknya dibanned pada tahun 2013 silam. Namun pada awal 2014, pihak Google Adsense mengaktifkan kembali akun Adsense tersebut.

Selain itu, blog miliknya juga pernah dihapus oleh pihak Blogger.com karena blognya dilaporkan melakukan plagiarism (copas) dari website lain. Namun Linda melakukan banding dan menyangkal telah melakukan plagiarism, tak lama kemudian blog miliknya aktif kembali hingga sekarang. Sosok Linda Ikeji begitu karismatik dan populer di Nigeria, dan bahkan di dunia.

Semoga teman-teman blogger sekalian terinspirasi!

Add Comments


EmoticonEmoticon