Isnin, 8 April 2019

Korea Selatan Resmi Muluncurkan Jaringan 5G



Ponsel dengan kecepatan 5G pertama akhirnya meluncur di Korea Selatan, yaitu Samsung Galaxy S10 5G. Dengan begitu, Korsel menjadi negara pertama di dunia yang menggelar jaringan telekomunikasi 5G.

 Kecepatan 5G ini membuat penggunanya bisa mendownload film dalam waktu kurang dari satu detik. Beberapa jam setelah Korsel memperkenalkan jaringan 5G, Verizon di AS tidak mau kalah. Mereka menyediakan layanan 5G di Chicago dan Minneapolis.

Saat memperkenalkan jaringan 5G ini, Samsung melakukan demonstrasi robot, kecepatan streaming gim sport, dan menayangkan streaming kuliah jarak jauh. Semua berhasil "dieksekusi" dengan lancar dan tanpa Hambatan.

"Saya sering menyaksikan banyak video, film, dan pengajaran," jelas salah seorang pembeli, Shim Ji-hye (38). "Saya harap kecepatan yang lebih tinggi bisa membantu mengatur waktu lebih baik." ⠀

Salah satu yang menarik minat pengguna adalah kemampuan VR setelah memakai jaringan 5G. Kini, mereka bisa bermain game dengan lancar ataupun menjalani kencan virtual dengan selebritis. 

Tercatat, sudah ada 15 ribu pelanggan di LG Uplus yang mendaftar layanan 5G, 10 ribu pengguna baru di KT, tapi operator SK Telecom belum memberikan data. Menyusul Samsung, LG akan segera meluncurkan ponsel 5G miliknya.

 Meskipun Korsel menjadi yang pertama meluncurkan jaringan 5G ini, tapi China lebih banyak memegang paten teknologi 5G, yaitu 3.400 paten dimana sepertiganya (1.529 paten) adalah paten Huawei. Korsel ada di tempat kedua dengan 2.051 paten dan AS 1.368 paten.

Load comments