Isnin, 28 Oktober 2019

Cara Mengembalikan File yang belum tersimpan di ms word, excel & power point

Dokumen Microsoft Word dapat hilang di situasi tertentu. Misalnya, dokumen mungkin hilang jika terjadi kesalahan yang memaksa Word berhenti, atau ketika terjadi mati lampu sementara dokumen belum disimpan.

Di artikel kali ini saya akan coba uraikan bagaimana cara mengembalikan dokumen word, excel atau power point yang belum tersimpan sehingga kita tidak perlu lagi memulainya dari awal.


Aplikasi office seperti ms word, excel atau power point memang sering sekali digunakan untuk urusan kantor, seperti misalnya membuat dokumen kantor,  membuat laporan, menghitung data penjualan, membuat presentasi dan keperluan serupa lainnya.

Aplikasi tersebut banyak digunakan karena sangat mudah sekali digunakan, selain itu aplikasi tersebut memiliki fitur auto recovery file yang baik, artinya ketika kita sedang bekerja dengan microsoft word, excel atau power point tiba-tiba lampu mati dan pekerjaan belum sempat kita simpan kita masih diberi kesempatan untuk mengembalikan file tersebut.

Mengembalikan file word yang belum tersimpan


Secara bawaan fitur auto recovery tersebut secara otomatis akan menyimpan dokumen word yang sedang anda kerjakan setiap 10 menit sekali dalam format file  (.asd) atau (autosave document).

Jadi jika anda kebetulan sudah lebih dari 10 menit mengetik di wordk, kemudian tiba-tiba komputer anda bermasalah dan memaksa word behenti atau terjadi mati lampu sementara anda belum sempat menyimpan dokumen yang sedang anda buat maka anda akan memiliki kesempatan untuk mengembalikannya.

Cara Mengembalikan File yang belum tersimpan di ms word, excel & power point

Umumnya ketika anda sedang mengetik di ms word, excel atau power point dan tiba-tiba aplikasi ms word keluar sendiri, semantara anda belum sempat menyimpan dokumen yang sedang anda kerjakan, maka jika anda sudah bekerja lebih dari 10 menit, anda masih memiliki kesempatan untuk mengembalikan dokumen tersebut.

Caranya anda cukup membuka kembali  aplikasi word dikomputer anda, nanti di sebelah kiri akan muncul tampilan windows yang berisi daftar file recovery, anda bisa mengkliknya untuk mengembalikan dokumen word yang belum tersimpan.

Tapi sayangnya terkadang tampilan windows yang berisi daftar file recovery tidak muncul, jika itu terjadi maka anda bisa mencarinya secara manual.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah-langkah untuk Word 2013

1. Pada menu Fle, klik Open / Buka, kemudian klik Recent Document
.
2. Gulir ke bagian paling bawah, kemudian klik tombol Recover unsaved document.

3.Jika Anda menemukan dokumen Word yang dicari, klik dua kali untuk membukanya. lalu jangan lupa Simpan dengan segera.

Langkah-langkah untuk Word 2010

1. Pada menu File , klik Recent.

2. Kemudian Klik Recover unsaved documents.

Jika Anda menemukan dokumen Word yang dicari, klik dua kali untuk membukanya.
Simpan dengan segera.


Langkah-langkah untuk Word 2007

1. Klik tombol Microsoft Office di sudut kiri atas, dan kemudian klik Word options.

2. Pada Jendela Navigasi yang muncul, klik Save.

3. Pada dialog lokasi file AutoRecover, catat lokasinya (copy paste saja), dan kemudian klik Batalkan.

4. Tutup Word.

5. Buka folder yang Anda catat di Langkah 3.

6. Cari berkas dengan nama akhiran .asd (berkas AutoRecover).

Jika Anda menemukan file recovery Word yang dicari, klik dua kali untuk membukanya.
Simpan dengan segera.

Iutlah beberapa  langkah cara mengembalikan file recovery dari dokumen ms word excel power point yang belum sempat anda simpan.

Cara di atas berlaku untuk ms word 2007, ms word 2010, ms word 2013 dan 2016, semoga membantu.

Add Comments


EmoticonEmoticon