Sabtu, 4 April 2020

10 Cara Ini Bantu Kamu Cairkan Suasana dengan Orang yang Baru Dikenal

Bertemu dengan orang yang baru dikenal terkadang sering membuat seseorang menjadi canggung. Bukan karena soal malu berhadapan, tapi sebenarnya canggung karena tidak tahu topik bahasan apa yang ingin dibahas dengan orang yang baru dikenal itu tadi.

Karena takut salah-salah kalimat yang diucap, alhasil yang ingin kenalan lebih dekat justru tidak jadi berkenalan, karena perasaan canggung tadi yang dirasakan. Padahal tak kenal maka tak sayang, yang mau kenalan harus ajak ngobrol duluan. Nah, untukmu yang ingin bisa cepat mencairkan suasana dengan orang yang baru dikenal, coba dulu deh simak tips-tips berikut ini.

1. Tunjukan ketertarikan kepada orang yang sedang diajak berbicara

pexels.com

Orang pasti suka membicarakan dirinya sendiri dibandingkan membicarakan orang lain, untukmu yang ingin mendapat perhatian dari dia yang baru dikenal, coba dulu dengarkan cerita tentangnya sebelum kamu mulai membicarakan diri kamu.

2. Berikan banyak pertanyaan dan jadikan itu topik pembahasan

wokeeh.com

Saat berbicara dengan orang yang baru dikenal, mungkin akan terlihat sulit soal topik yang ingin dibahas. Agar suasana mengobrol tidak mudah berlalu begitu saja, coba keluarkan banyak pertanyaan terkait apa yang dia bicarakan, seperti contohnya, “Ápa yang terjadi setelah itu” atau “Bagaimana kamu melakukannya” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

3. Jangan sok tahu, biarkan dirinya menceritakan hal-hal yang tidak kamu ketahui


wokeeh.com

Jika pembicaraan sudah berlangsung lama, kamu seharusnya tidak boleh berlagak sok tahu, berbicara tentang dirinya seperti ini atau seperti itu. Cobalah untuk bisa mendengarkan secara baik-baik, dan biarkan dirinya memberitahukan hal-hal yang tidak kamu ketahui. Mungkin saja dia yang kamu ajak berkenalan memberitahu kamu bahwa dia belum pernah pacaran, kan bisa saja.

4. Coba update informasimu, dengan begitu makin banyak bahasan yang bisa dibahas

meetechno.com

Dengan kamu mengetahui banyak informasi-informasi terbaru, semakin banyak pula bahan obrolan yang bisa kamu lakukan dengan dia yang baru kamu ajak berkenalan. Seperti contohnya kamu bisa lontarkan pertanyaan “Eh kamu tahu gak peristiwa yang terjadi di tempat ini minggu kemarin?” atau pertanyaan lainnya.

5. Jika dia sudah selesai menceritakan kisah-kisah hidupnya, saatnya giliranmu untuk menceritakan kisahmu

cheatsheet.com

Jangan ragu untuk mulai menceritakan kisah-kisahmu, tapi jangan sampai juga kisah-kisah kelam kamu buka dihadapan orang yang baru dikenal. Jika dulu kamu punya banyak prestasi di bidang apapun, jangan ragu untuk memberitahukan kepadanya, bisa jadi itu nilai tambah agar dia tertarik kepadamu.

6. Selalu berkata jujur, jangan buat obrolanmu itu penuh rekayasa

wixstatic.com

Jika kamu memang punya banyak prestasi maka katakan saja, jangan pernah dibuat-buat. Ketika seseorang tahu bahwa kamu berbohong, maka reputasimu akan menurun. Jangan jadikan kesan pertama menjadi kesan terburuk dihadapan orang yang baru dikenal.

7. Belajarlah dari orang-orang yang sudah terbiasa berbicara didepan publik

ytuongviet.org.vn

Mereka yang sudah biasa berbicara didepan publik pastinya memiliki pesona tersendiri. Itulah yang terkadang membuat para penontonya terkagum-kagum. Untukmu yang masih terbata-bata dalam berbicara kepada orang yang baru dikenal, cobalah belajar dari mereka-mereka yang sudah sering berbicara didepan publik, dan cari tahu bagaimana memulai pertanyaan, candaan, atau yang lainnya.

8. Berilah pujian ketika dia memberitahukan prestasi yang di dapatkannya dulu

meetechno.com

Semua orang selalu menyukai pujian, bahkan dari orang yang tidak mereka kenal sekalipun. Jika kamu banyak mendengar prestasi-prestasi dia yang pernah didapatkannya dulu, maka jangan lupa berilah pujian. Tapi jangan terlalu berlebihan, bukankah yang berlebihan itu jatuhnya jadi tidak baik?

9. Ingat pola pertanyaan seputar Keluarga, Kesibukan, Waktu Luang, dan Rencana yang ingin dilakukannya

sayidaty.net

Kamu bisa gunakan pola tersebut untuk membuat bahan obrolanmu awet, lebih-lebih jika obrolanmu bisa membuatmu akrab dengan dirinya. Kamu bisa gunakan pertanyaan-pertanyaan seperti:
  • Keluarga : Berapa saudaramu? Orang tuamu tinggal bersama kamu? Bagaimana rasanya tinggal bersama pamanmu? Dan lain-lainnya.
  • Kesibukan : Apa saja yang kamu lakukan setiap hari? Dimana kamu bekerja sekarang? Dan lainnya.
  • Waktu Luang : Apa yang kamu lakukan diwaktu luang? Sudah berapa lama kamu bermain golf? Dan lainnya.
  • Rencana : Apa sih rencanamu setelah lulus kuliah nanti? Apa yang akan kamu lakukan dihari sabtu besok? Dan lainnya.

Intinya kamu harus banyak-banyak pertanyaan yang bisa kamu jadikan bahan obrolan, semakin lama kamu berbicara dengan orang yang baru dikenal, maka semakin akrab kamu bersama dirinya.

10. Jangan banyak berpikir ini itu, langsung lakukan saja. Ajak dia mengobrol lebih dulu

peru.com

Terkadang apa yang dipelajari belum tentu akan dilakukan. Misalnya kamu sudah mempelajari cara berinteraksi dengan orang lain, tapi jika kamu masih malu untuk melakukannya maka apa yang kamu pelajari akan jadi sia-sia. Sudah jangan banyak berpikir, langsung lakukan saja. Hasil akhir tergantung keberanianmu untuk memulai.

Yup itu tadi beberapa cara untuk mencairkan suasana saat bertemu dengan orang yang baru dikenal. Perlu kamu ingat, jangan langsung menilai orang dari tampilannya sebelum kamu mengobrol dengan dia, bisa jadi dirinya yang kamu ajak mengobrol bisa membuatmu terpikat. Selamat mencoba!

Load comments