Jumaat, 6 Jun 2014

DASAR OLAHRAGA BOLA BASKET

Bola basket adalah olahraga terpopuler kedua setelah sepakbola di Indonesia. Semakin berkembang setelah kompetisi bola basket di tanah air di pegang oleh jawapost group dengan comissionernya yaitu azrul ananda. Banyak atlet-atlet muda mulai muncul semenjak deteksi basketball league (DBL) digulirkan medio tahun 2000-an hingga sekarang. Semangat yang tinggi dari azrul ananda lambat laun kian menuai hasil dengan menjadikan olahraga bola basket ini digandrungi anak-anak muda. Berikut adalah sedikit tips dari penulis bagi atlet-atlet muda yang ingin belajar tentang fundamental bola basket.

1 . Dribbling

Dribbling adalah gerakan memantulkan bola basket ke lapangan yang tujuannya untuk melakukan penyerangan dan mendekatkan bola ke ring. Kebanyakan para atlet-atlet muda tidak mau melatih atau menyepelekan ini karena setiap berlatih dribbling perasaan mereka akan sedikit membosankan karena latihan ini hanya monoton melakukan gerakan berulang-ulang memantulkan bola ke lapangan tanpa ada gerakan yang menyenangkan seperti shooting atau lay up. Kemampuan dasar dribbling adalah salah satu syarat mutlak untuk bisa menjadi pemain basket yang profesional.

2 . Shooting



teknik shooting

Tujuan utama dari permainan bola basket adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke dalam ring. Di mata saya ini adalah kemampuan terpenting  yang atlet harus kuasai dalam permainan bola basket.

3 .Defense

Setelah dribbling hal membosankan kedua dalam olahraga bola basket adalah defense, setiap team pasti ingin melakukan penyerangan karena bagi sebagian atlet, dengan menyerang kita bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti shooting atau melakukan show off dengan dribble. Keterampilan ini membutuhkan footwork yang baik dan mobilitas yang tinggi di depan lawan . Penguasaan keterampilan ini hampir akan menjamin kamu untuk menjadi starting 5 dalam team, karena bagi kebanyakan pelatih mereka lebih menyukai seseorang yang bisa melakukan defense dengan baik.

4 . Passing

Mungkin passing adalah keterampilan yang paling diremehkan dalam permainan ini. Karena mereka menganggap passing bisa dilakukan dengan asal-asalan. Passing membutuhkan pengetahuan tentang di mana rekan tim kamu di lapangan. Ini adalah keterampilan yang sulit untuk dikuasai.

5 . Ketangguhan Mental

Sehebat apapun kemampuan yang kamu miliki akan tidak maksimal dalam pertandingan jika kamu tidak memiliki mental yang tangguh, karena dengan mental yang bagus kamu akan bisa mengeluarkan segenap kemampuan terbaik kamu.

source 

Load comments