Sabtu, 21 Jun 2014

SEKILAS TENTANG PICK GITAR DAN CARA MENGGUNAKANNYA

Sekilas Tentang Pick Gitar dan Cara Menggunakannya

Pick gitar adalah plectrum yang digunakan untuk memetik gitar.

Pick bisa dibuat dari bahan apa saja. misalnya dibuat dari  plastik, nilon, karet, kulit penyu, kayu, logam ataupun dari kartu perdana sim bekas hehehe

Bentuk konvensional dari pick biasanya adalah bentuk segitiga bulat.Namun di luar itu ada beberapa bentuk lainya. misalnya bentuk sharks fin (sirip hiu) miliki tepi bergerigi. ada juga bentuk jelly fish yang merupakan penemuan yang sangat menarik. pada dasarnya memiliki beberapa sikat yang dapat di gunakan dengan berbagai cara untuk menjangkau suara yang berbeda.

Tiap tipe pick mempunyai karakter yang berbeda dan kamu harus bereksperiment untuk menemukan pick yang cocok dengan permainanmu.

Sebagian besar bentuk pick gitar hari ini diciptakan oleh perusahaan yang membuat pick plastik pertama pada tahun 1922, D'Andrea Picks. pick plastik adalah sebuah ide dari Luigi, dan putranya Tony, Sr


Uraian berikut ini akan menjelaskan teknik memegang dan menggunakan pick gitar yang baik dan benar . 
  • Buka telapak tangan anda yang memegang pick (Picking Hand), dan putarkan sehingga menghadap ke wajah Anda.
  • Tutup tangan anda seolah-olah sedang membuat kepalan longgar. Ibu jari anda harus tetap di samping jari telunjuk Anda.
  • Putar kembali telapak tangan anda sampai  punggung  ibu jari (kuku ibu jari) menghadap kearah  wajah anda.
  • Dengan tangan anda yang lain, selipkan pick gitar anda diantara ibu jari dan jari telunjuk pada picking hand anda. Posisi pick harus ditempatkan kira-kira berada di belakang buku jari jempol.
  • Pastikan ujung lancip dari pick menghadap senar gitar (soundhole), menonjol keluar dari genggaman tangan anda sekitar setengah inci (1,5 cm), pegang pick dengan relaks tapi mantab.
  • Posisikan picking hand diatas soundhole gitar akustik anda, atau di atas gitar listrik anda. Posisi tangan picking anda harus mengambang tetapi dekat dengan senar.
  • Jangan menempelkan atau menyandarkan tangan picking anda pada senar atau badan gitar.
  • Teknik memetik (Stroke) yang benar pada gitar adalah dengan cara mengayunkan/menggerakkan pergelangan tangan anda saja, bukan dengan seluruh lengan anda.
Sekarang marilah kita praktekkan, petiklah senar terendah E (senar 6) pada gitar anda dengan gerakan ke bawah (Down Stroke) tentunya dengan menggunakan pick. Jika senar bergetar secara berlebihan, cobalah  kurangi power memetik anda sedikit lebih lembut dan santai, hingga suara petikan dengan pick anda terasa enak dan jelas.
  • Lalu, petik senar E (senar 6) tadi  dengan gerakan ke atas (Up Stroke).
  • Ulangi latihan stroke ini berulang kali untuk  melancarkan gerakan memetik dari tangan picking anda, semakin lama semakin cepat, latihan ini disebut juga dengan “Alternate Picking”.
  • Lakukan latihan yang sama pada senar kelima (A), keempat (D),  ketiga (G), kedua (B), dan senar pertama (E).

    Tips:

  • Bagi anda yang tidak terbiasa menggunakan pick pada awalnya pasti  akan merasa canggung. Tetapi itu hal yang biasa, teruskanlah, nanti juga akan terbiasa, bisa karena biasa atau bisa karena dipaksa, dipaksa supaya bisa maksudnya aah….,pusing kan?
  • Jika anda sudah mulai menguasai teknik memegang pick ini, suara petikan Down Stroke dan Up Stroke yang dihasilkan seharusnya hampir mirip.
Selamat berlatih, semoga posting ini ada manfaatnya.

source 

Load comments