Selasa, 11 Februari 2020

Kiat Menarik Perhatian Anak Sejak Awal Pembelajaran

Awal pelajaran adalah saat di mana seorang pendidik harus mampu mencuri perhatian anak-anak didiknya. Karena bila dari awal pelajaran seorang pendidik mampu mencuri perhatian anak didiknya, maka ia akan semakin mudah dalam memberikan materi pelajaran.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang pendidik. Melalui artikel ini, saya, Kak Zepe, ingin berbagi pengalaman tentang cara menarik perhatian siswa agar bisa fokus di awal pelajaran.

  1. Cerita lucu singkat
Anak-anak biasanya sangat gemar aktivitas ini. Aktivitas ini adalah mendongeng. Di awal pelajaran, kita bisa memberikan dongeng pada anak-anak. Sangat disarankan bila materi dongeng yang diberikan adalah sesuai dengan tema pembelajaran hari itu.

Bila perlu cerita yang diberikan adalah cerita yang bersifat humor atau lucu, sehingga anak-anak bisa tertawa dan gembira. Hal ini juga akan memacu semangat mereka dalam mengikuti pelajaran.
  1. Pentingnya kontak mata
Di awal pelajaran, kita bisa mengajak siswa bernyanyi bersama atau pun memberikan dongeng. Namun ada satu hal yang tak kalah penting, yaitu kontak mata. Saat melakukan percakapan, mendongeng, atau pun bernyanyi, kita perlu mengajak anak melakukan kontak mata.

Berusahalah melakukan kontak mata kepada setiap anak, sehingga mereka merasa diperhatikan. Bila anak merasa diperhatikan maka mereka pun akan memberikan perhatian mereka kepada kita saat mengajar.
  1. Mengatur suara
Suara seseorang akan terdengar lebih menarik bila ia mampu mengatur volume suara, intonasi bicara, dan mimik wajah. Akan menjadi lebih menarik lagi bila Anda dengan gesture yang menarik dan penuh semangat.

Bayangkanlah bahwa diri kita adalah seorang motivator handal saat berada di depan kelas, sehingga kita pun akan terlihat semangat dan mampu menyemangati setiap anak yang kita ajar.
  1. Mengatur emosi
Adakalanya beberapa anak yang kita ajar akan terlihat sibuk sendiri, misalnya dengan ngobrol dengan teman di bangku sebelahnya, bermain pensil sendiri, dan melakukan aktivitas lainnya. Sebagai pendidik kita perlu cerdas dalam mengatur emosi.

Jangan sampai hanya karena kekesalan pada beberapa anak membuat semangat mengajar anda menjadi menurun atau bahkan malah terkesan kurang bersemangat. Selain ketrampilan mengatur emosi, ada kiat-kiat khusus agar pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Yuk kita simak!
  1. Kejutan-kejutan kecil
Ada banyak kejutan yang bisa berikan kepada anak didik tanpa harus membentak dengan penuh amarah. Kejutan-kejutan kecil bisa dilakukan dengan cara bertepuk tangan tiga kali, mengatakan “Doooor!”, maupun dengan menunjuk sesuatu sambil berpura-pura terkejut (misalnya dengan mengatakan “Lihat ada gajah terbang”) dengan suara keras.
  1. Mengajak anak melakukan senam sederhana
Ada kalanya anak-anak terlihat kurang bersemangat. Biasanya hal ini terjadi di pagi hari, di mana beberapa anak mungkin masih terlihat malas, ngantuk, dan lainnya. Agar anak-anak semakin bersemangat, kita bisa memberikan senam sederhana kepada anak. Misalnya dengan mengajak mereka memutar kepala, memutar badan, dan gerakan-gerakan tubuh lainnya. Senam sederhana juga bisa dilakukan dengan iringan musik.

Di dunia PAUD, kita mengenalnya sebagai gerak dan lagu. Ikuti Tips ini agar gerak dan lagu menjadi aman, menyenangkan, dan mampu membangkitkan semangat belajar anak.
Masih banyak cara agar anak bisa fokus pada kegiatan pembelajaran.

Sangat disarankan agar pendidik juga memanfaatkan teknologi atau pun mempersembahkan talentanya untuk dijadikan alat peraga mengajar yang menarik. Biasanya alat peraga yang menarik akan mampu menarik perhatian anak didik yang serius untuk belajar.

Ada banyak cara untuk menarik perhatian anak sejak awal pembelajaran. Diantaranya adalah dengan media lagu dan dongeng anak. Silakan download aplikasi dongeng  dan lagu anak ini dengan meng-klik judul-judul dongeng di bawah ini:
– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAPbanner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud–  Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsa
sumber gambar: youtube.com

Add Comments


EmoticonEmoticon