Khamis, 6 Ogos 2020

Tips belajar gitar pemula

tips belajar gitar pemula

 

Gitar adalah salah satu alat musik yang sangat populer dan disenangi oleh anak muda saat ini. Kata gitar atau guitar awal mulanya diambil dari nama alat musik yang berasal dari persia pada tahun 1500 SM.

Alat musik inipun cepat sekali populer hampir diseluruh dunia termasuk Indonesia. Selain memiliki bunyi yang khas dan indah, gitar juga memiliki tampilan yang eksotis, sehingga tidak jarang gitar dijadikan sebagai hiasan maupun perlengkapan untuk pemotretan atau pembuatan video, hanya sekedar untuk menambah dekorasi. Alat musik yang satu ini dapat menghasilkan berbagai irama musik yang sangat enak didengar telinga kita. hampir Semua genre musik selalu menggunakan alat musik yang satu ini, Tujuannya semata mata untuk menambah keindahan arasemen musik itu sendiri, mulai dari musik yang sangat populer dinegri ini seperti dangdut, pop, rock, jezz, indie, metal, dan banyak lagi genre musik lainnya tidak pernah lepas dari alat musik yang bernama gitar.

Selain itu, gitar pula dapat memberi kesan yang keren bagi yang memainkannya. apakah anda pernah menyaksikan sebuah konser musik ? coba lihat gitarisnya, ia nampak begitu keren dengan memainkan gitar yang dibawannya. siapa saja akan nampak lebih keren ketika memainkan gitar. Begitu juga Waktu nongkrong bersama teman, kita juga dapat menghangatkan suasana dengan bernyanyi sambil diiringi suara musik dari gitar, apalagi bila diimbangi dengan suara yang bagus.

kebanyakan orang apalagi remaja pasti ingin bisa menguasai alat musik yang satu ini, begitu juga kamu bukan ? Kamu bisa kok belajar sendiri menggunakan alat musik ini. Kamu tidak perlu repot-repot sekolah atau les untuk bisa memainkannya, cukup dengan mempraktekan tips belajar gitar pemula ini saja sudah cukup, sangat mudah bukan ? berikut ini kami akan mengajarkan kepada anda tentang tips belajar gitar pemula yang benar.

1. Kenali funsi senar

gitar biasanya memiliki 6 senar, mulai dari yang paling bawah dan yang paling kecil, sampai yang paling atas dan yang paling besar.

Ada 2 jenis gitar yang paling sering digunakan didunia ini, yaitu gitar elektrik dan akustik.

Pada dasarnya, kedua jenis gitar tersebut hampir memiliki nada yang serupa pada setiap senarnya. hanya saja yang membedakan keduanya, yaitu terletak pada tuning nya.
Senar 1 dengan nada E’- 1 : E’ Senar 2 dengan nada B - 2 : B Senar 3 dengan nada G - 3 : G Senar 4 dengan nada D - 4 : D Senar 5 dengan nada A - 5 : A Senar 6 dengan nada E - 6 : E

2. Hafal kunci-kunci gitar

ada 2 kunci dasar gitar, yaitu sering disebut kunci dasar atau biasa dan kunci dasar gitar minor. beberapa kunci utama yang sering digunakan adalah C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor. setiap kunci yang ada memiliki bunyi dan teknik bermain yang berbeda.

Pada dasarnya gitar terbuat dari bahan dasar kayu dan logam, baik itu gitar akustik maupun elektrik. logam yang berada di sebuah gitar berfungsi untuk menghasilkan nada yang indah apabila senar dipetik.

sedangkan body kayunya akan meresonansi suara yang akan menghasilkan nada-nada indah. ada beberapa urutan kunci gitar yaitu, E, B, G, D, A, dan E.

3. Setting gitar yang benar

umunya leher gitar berupa kayu yang lurus dan panjang, datar di satu sisi (fret) dan melengkung di sisi yang lainnya.

garis - garis flet pada gitar bertujuan memudahkan pengguna pada saat bermain gitar, biasanya berupa titik - titik yang ada di leher gitar (garis fret). kenop penyetop berfungsi untuk menahan senar gitar agar dapat berfungsi dengan baik, berfungsi juga untuk mengencangkan dan melonggarkan senar gitar dengan cara diputar.

untuk gitar akustik, ada sebuah lubang tubuhnya, tujuannya untuk meresonansi suara. sedangkan pada gitar listrik ada bebarapa elemen magnetis yang menyalurkan suara hasil petikan gitar ke amplifier, saat gitar dimainkan.

mengatur senar gitar juga menjadi salah satu faktor penting, kamu harus menyeting senar gitar dengan benar agar bunyi yang dihasilkan tidak sumbang dan dapat terdengar enak.

Menyetem (menyetel) gitar dapat menggunakan dengan alat khusu untuk menyemtem (menyetel) gitar. Apabila kamu tidak ingin membelinya, mungkin karna mahal, kamu dapat menyetemnya secara manual, terserah kamu mau pilih yang mana.

Dengarkan dengan seksama nada-nada yang dihasilkan oleh gitar yang sedang kamu setel, sudah terdngar enak atau belum, bila belum, teruslah menyetelnya hingga kamu benar - benar yakin itu adalah nada - nada gitar yang pas. atau bisa juga kalau kamu membandingkan suara piano dan gitar, karena tangga nada kedua alat musik ini memiliki beberapa kesamaan.

4. Pegang gitar dengan benar

selain harus mengetahui fungsi yang ada disetiap senar gitar, Kamu harus juga harus mengetahui bagaimana cara memegang gitar yang baik dan benar, kamu harus memastikan kalau kamu sudah memegangnya dengan benar. gunakan tangan kiri untuk menekan senar-senar gitar pada leher gitar bila kamu tidak kidal, dan menggunakanlah tangan kanan kamu untuk memetik atau menggosok senar gitar yang berada tepat didepan lubang gitar.

Duduklah senyaman mungkin ketika bermain gitar. untuk membuat suara gitar yang stabil, peganglah leher gitar dengan tangan kiri kamu (bila kamu kidal). dan gunakanlah jari - jari tangan kanan kamu untuk memetik senar gitar, tetap santai dan rileks dalam bermain giar, awalnya mungkin sedikit sulit, tapi seiring berjalannya waktu kamu pasti mulai terbisa dengan cara seperti itu.

5. Perbanyak referensi dan praktek

agar kamu cepat mahir bermain gitar, perbanyaklah waktu untuk ber main gitar, dan kamu juga bisa mencari referensi dari berbagai sumber. Termasuk terkait Tips belajar gitar pemula. Apabila kamu bingung, lupa, kesulitan dalam menghafal kunci gitar, kamu tinggal browsing. Di internet kamu akan dengan mudah menemukan reverensi lagu - lagu yang cocok menurutmu. Selain internet, kamu juga bisa mencari reverensi dari buku. banyak buku - buku khusus yang mengupas tuntas teknik dan tips belajar gitar,

Nah, itu tadi paparan singkat yang dapat kami sampaikan. untuk hasil yang maksimal kamu harus mulai mempelajari alat musik yang satu ini, kamu harus tahu fungsi dari bagaian - bagian gitar, kamu juga harus mengetahui teknik memegang gitar yang baik dan benar, mengetahui kunci-kunci dasar gitar, dan cara menyetem (menyetel) gitar. dari artikel diatas kami juaga sudah menjelaskan Tips belajar gitar pemula. mulai dari teknik bermain gitar, sampai cara mencari reverensi dari internet dan buku. selain beberapa hal penting diatas, yang tak kalah penting adalah terus mencoba dan jangan puas dengan pencapaianmu saat ini, teruslah belajar dan temukan hal-hal baru seputar teknik bermain gitar, entah gitar akustik maupun gitar listrik.

Load comments