Isnin, 4 Oktober 2021

Pengertian Lengkap Best Practice adalah

Pengertian Lengkap Best Practice adalah

 

 Best Practice adalah istilah yang sering digunakan dalam memberikan deskripsi akan sebuah pengalaman terbaik dalam keberhasilan seseorang melaksanakan tugas profesinya.

Dalam permisalan, Guru, Kepala Sekolah dan bahkan pengawas sekolah tentu mempunyai pengalaman dalam keberhasilan mengatasi berbagai macam permasalahan saat tengah menjalankan tugasnya.

Tentu pengalaman itulah yang perlu dituangkan dalam sebuah tulisan agar dapat memberikan inspirasi dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Artikel ini pun tertuang sebagai sebuah laporan "best practice adalah" dengan format yang telah ditentukan sebelumnya.

Best Practice juga merupakan satu dari beberapa bentuk publikasi ilmiah yang bisa dilakukan oleh jajaran guru. Best Practice biasanya dialami guru saat tengah melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Best Practice tersebut didasarkan atas penguasaan substansi materi dan pedagonik yang terimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran kelas serta memberikan hasil pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik.

Selain itu, berdasarkan penguasaan guru terhadao karakteristik peserta didik, hingga akhirnya guru dapat memberikan pelayanan maksimal kepada tiap individu sesuai dengan gaya belajar masing-masing.

Itulah alasan mengapa guru perlu melakukan pencatatan proses mengajarnya, dimulai dengan perencanaan, pelaksaan hingga evaluasinya.

Hasil dari pencatatan yang dilakukan dapat dijadikan bahan refleksi guru untuk memperbaiki pembelajaran secara berkelanjutan.

Kegiatan yang dilakukan guru ini juga dapat memberikan hasil best practice dalam proses pembelajaran dan lebih lanjutnya bisa dijadikan rujukan dalam pengemmbangan kemampuan mengajar bagi guru-guru yang lain.

Karakteristik Best Practice

Pengertian Lengkap karakteristik Best Practice adalah


Sebuah pengalaman bagi seorang guru bisa dikategorikan sebagai best practice bila memiliki karakteristik seperti berikut:

  1. Dapat mengembangkan cara baru serta inovatif dalam mengatasi sebuah masalah pendidikan, khususnya dibidang pembelajaran.
  2. Dapat memberikan perubahan atau setidaknya perbedaan, hingga sering dikatakan hasilnya luar biasa (outstanding result).
  3. Dapat mengatasi persoalan tertentu secara berkelanjutan atau dampak serta manfaatnya terasa secara berkelanjutan (tidak hanya sesaat).
  4. Dapat menjadu model serta memberikan inspirasi dalam membuat kebijakan.
  5. Metode atau cara yang digunakan bersifat Ekonomis - Efisien.

Format Laporan Best Practice

Pengertian Lengkap format laporan Best Practice adalah


Beberapa Format Laporan Best Practice terdiri dari bagian awal, isi akhir dan penunjang, seperti berikut:

1. Bagian Awal

Bagian awal terdiri dari halaman judul, halaman pernyataan keaslian naskah bermaterai, halaman lembar persetujuan dari atasan langsung atau pejabat terkait, kata pengantar, abstrak atau ringkasan, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran.

2. Bagian Isi

Bagian Isi berisi paparan tentang hal-hal seperti:

a. Pendahuluan

Pendahuluan berisikan paparan latar belakang masalah, tujuan serta manfaat best practice yang dilaporkan.

b. Metode Pemecahan Masalah

Bagian ini berisikan paparan teori atau pengalaman yang dijadikan sebagai rujukan dalam menyelesaikan masalah, metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah beserta langkah-langkah secara terperinci dari metode tersebut.

c. Pelaksanaan serta Hasil Capaian

Bagian ini akan menjelaskan tentang paparan pelaksanaan best practice terkait tempat, waktu dan perangkat atau instrumen yang digunakan saat best practice diaksanakan.

Selain itu pula, bagian ini berisikan hasil yang diperoleh dari bentuk pelaksanaan pemecahan masalah yang sudah dilakukan beserta dengan data dan informasi pendukung.

3. Bagian Akhir

Bagian akhir memaparkan kesimpulan, refleksi serta rekomendasi.

Di dalam kesimpulan akan berisi hal-hal terkait yang disarikan dari pengalaman best practice.

Sedangkan saran atau rekomendasi dapat ditujukan bagi pihak-pihak terkait dengan peningkatan mutu pendidikan.

4. Bagian Penunjang

Bagian terakhir berupa penunjang memuat daftar pustaka serta lampiran data yang dapat digunakan dalam melakukan tinjauan atau gagasan ilmiah.

Lampiran dapat berupa:

  • Daftar Hadir
  • Foto kegiatan
  • Contoh instrumen yang sudah diisi
  • Media atau alat yang digunakan
  • Hasil best practice (bukti yan gmenggambarkan perubahan setelah melakukan best practice)
  • Seminal hasil penulisan best practice

Kesimpulan: Pengertian Lengkap Best Practice adalah

Pengertian Lengkap kesimpulan Best Practice adalah


Dan itulah ulasan mengenai pengertian lengkap best practice adalah, serta ciri dan format laporannya yang dapat kamu ikuti sesuai format yang berlaku.

Kamu dapat membagikan artikel ini agar dapat membantu lebih banyak orang lain. Semoga bermanfaat!

sumber: https://www.amongguru.com/pengertian-best-practice-ciri-ciri-dan-format-laporannya/

Add Comments


EmoticonEmoticon